Permasalahan Antraks Timbul di Yogyakarta, Gimana Mencegahnya?

Baru- baru ini, belasan masyarakat di Gunungkidul, Yogyakarta, dilarikan ke rumah sakit sebab positif terkena antraks. Antraks merupakan penyakit yang ditularkan dari hewan terinfeksi ataupun produk hewan yang terkontaminasi. Kendati sangat jarang, penyakit antraks dapat menimbulkan kematian sehingga dibutuhkan upaya penangkalan.

Metode menghindari penularan antraks


Penyakit antraks diakibatkan oleh peradangan kuman Bacillus anthracis. Penularan umumnya terjalin kala Kamu memegang, menghisap, ataupun memakan suatu dari hewan ternak yang terinfeksi. Walaupun gampang menyebar, antraks tidak meluas dari orang terinfeksi.

Buat bertahan hidup, kuman antraks menciptakan spora, ialah sel kecil yang tahan terhadap bermacam kendala dari area dekat. Sehabis terletak di dalam badan, spora jadi kuman aktif, perbanyak diri, menyebar, serta menciptakan toksin.

Cara mencegah penularan antraks


Permasalahan antraks saat ini telah sangat sangat jarang. Tetapi, antraks tetaplah beresiko sebab begitu penyakit ini timbul kembali, penularannya terjalin dengan sangat kilat. Penyakit ini pula menimbulkan indikasi yang parah serta tidak tidak sering menimbulkan kematian.

Guna melindungi diri dari bahaya penyakit antraks, Centers for Disease Control and Prevention( CDC) menganjurkan upaya penangkalan bagaikan berikut:


  • Melaksanakan vaksinasi antraks


Vaksinasi ialah metode yang efisien buat menghindari penularan antraks. Hendak namun, vaksin antraks sampai saat ini tidak ada buat universal mengingat permasalahannya amat sangat jarang. Walaupun demikian, Kamu senantiasa dapat mendapatkan vaksin antraks di rumah sakit terdekat. Pemberian vaksin antraks pula diharuskan untuk orang- orang yang rentan terinfeksi, semacam:


  1. Orang yang mengelola peternakan ataupun mempunyai hewan ternak.
  2. Orang yang mencerna produk peternakan, paling utama di daerah berisiko besar antraks.
  3. Dokter hewan ataupun orang yang pekerjaannya mengaitkan hewan.
  4. Orang yang mempelajari kuman antraks di laboratorium.
  5. Anggota militer yang bertugas di daerah berisiko besar antraks.


Vaksinasi antraks dicoba sebanyak 5 kali dalam kurun waktu 18 bulan. Tidak hanya itu, orang- orang yang berisiko pula butuh memperoleh vaksin booster satu kali setahun buat menaikkan proteksi terhadap peradangan.


  • Komsumsi antibiotik


Mengkonsumsi antibiotik merupakan upaya penangkalan buat orang- orang yang sudah terpapar penyakit antraks. Misalnya apabila Kamu melaksanakan kontak dengan hewan ternak, kemudian hewan tersebut mati sebab antraks.

Kamu butuh mendapatkan 3 kali vaksin antraks dalam waktu 4 minggu ditambah antibiotik sepanjang 60 hari. Antibiotik yang disantap dapat berbentuk ciprofloxacin ataupun doxycycline. Bila Kamu alergi terhadap vaksin antraks, Kamu cuma hendak diberikan antibiotik.

Metode menghindari penyebaran kuman antraks di tempat kerja


Orang- orang yang bekerja di peternakan, laboratorium, serta tempat- tempat yang rentan terkontaminasi kuman antraks dapat berfungsi aktif dalam menghindari penyebaran kuman ini. Berikut sebagian langkah yang bisa Kamu jalani:


  • Membenarkan area kerja mempunyai ventilasi hawa yang baik.
  • Tidak memegang mata, hidung, serta mulut dikala bekerja.
  • Cuci tangan memakai sabun.
  • Menggunakan baju berlengan panjang serta celana panjang.
  • Menggunakan sepatu spesial buat bekerja.
  • Memakai pelindung mata, sarung tangan, serta masker N- 95.
  • Cuci baju yang digunakan dikala bekerja dengan detergen.
  • Melindungi kebersihan area kerja.
  • Tidak bawa benda dari luar area kerja.


Mereka yang bekerja di area berisiko pula butuh melaksanakan upaya penangkalan supaya orang- orang terdekatnya terlindung dari penyakit antraks. Misalnya dengan tidak bawa benda dari tempat kerja serta menarangkan metode menghindari penyakit ini.

Permasalahan penyakit antraks dikala ini bisa jadi tidak sering terdengar. Walaupun demikian, antraks dapat saja timbul kembali apabila area dekat Kamu menunjang perkembangan kuman penyebabnya.

Kunci penangkalan antraks merupakan melindungi kebersihan area kerja serta memantau kesehatan hewan ternak di sekitarnya. Bila Kamu tercantum dalam kelompok berisiko, jangan kurang ingat melaksanakan vaksinasi secara teratur buat melindungi diri serta keluarga.