Menjaga Kaki Pecah Supaya Kembali Lembut, Ini Caranya

Menjaga kaki pecah butuh dicermati buat mempertahankan penampilan prima Kamu. Keadaan ini pada biasanya timbul pada bagian tungkak Kamu kala kulit sangat kering sampai membentuk cedera terbuka. Jika telah begini, Kamu hendak merasa kesakitan masing- masing kali berdiri ataupun berjalan. Pada permasalahan tertentu, kaki pecah apalagi dapat menimbulkan peradangan parah.

Tips merawat kaki pecah-pecah


Apa pemicu kaki pecah?


Pemicu kaki pecah biasanya sebab kekurangan kelembapan. Acapkali, pemicu spesialnya tidak dikenal. Kaki Kamu dapat jadi sangat kering sebab cuaca yang sangat panas ataupun dingin. Berikut ini merupakan hal- hal yang bisa jadi jadi pemicu keadaan ini:


  • Eksim


Bila kulit terasa gatal, kering, serta dengan garukan mulai mengelupas, Kamu berarti hadapi eksim ataupun dermatitis. Ini ialah penyakit kulit kronis yang membuat kulit meradang, gatal, kering, serta pecah. Keadaan ini umumnya melanda kulit kepala, dahi serta wajah paling utama pipi. Keadaan ini universal terjalin pada orang di seluruh umur. Dokter bisa jadi hendak membagikan penaksiran lewat pengecekan kedokteran.


  • Kutu air


Kulit kaki kering bisa jadi pula jadi indikasi keadaan kutu air ataupun tinea pedis. Keadaan tersebut terjalin kala kaki Kamu lembap ataupun sangat lama menggunakan kaus kaki sampai berkeringat. Kutu air ialah jamur yang dapat menyebar pada anggota keluarga ataupun sahabat yang berbagi handuk mandi. Tidak hanya itu, bagi Institute for Preventive, kaki pecah pula bisa jadi diakibatkan oleh sebagian perihal, ialah:


  1. Permasalahan biomekanik yang tingkatkan tekanan di zona tumit
  2. Sangat lama berdiri, spesialnya di lantai keras
  3. Kegemukan, yang tingkatkan tekanan pada tungkak serta menimbulkan kulit meregang sangat lebar
  4. Menggunakan sepatu ataupun sandal yang terbuka pada bagian balik.


Sebagian keadaan kesehatan lain pula dapat membuat kulit kaki pecah. Salah satunya merupakan europati, ialah keadaan yang menimbulkan pengidap diabet kehabisan keahlian berkeringat sampai menghasilkan kulit sangat kering.

Panduan menjaga kaki pecah- pecah


Terdapat bermacam panduan gampang buat menjaga kaki pecah supaya kembali lembut. Berikut kumpulan panduan dari College of Podiatry yang dirangkum National Health Service:


  • Mencuci kaki lebih sering


Membenarkan kaki Kamu senantiasa bersih dengan mencucinya sesering bisa jadi merupakan perihal berarti. Kamu dianjurkan cuci kaki Kamu di air hangat dengan sabun. Jangan menyikat kaki Kamu sebab hendak meghancurkan minyak natural pada kulit. Jauhi sabun yang memiliki alkohol, parfum, perona, ataupun zat- zat kimia lain yang merangsang iritasi.


  • Keringkan kaki Anda


Keringkan kaki Kamu sehabis mencucinya, spesialnya di sela- sela jari, di mana peradangan jamur kutu air dapat tumbuh.


  • Pakai pelembap


Pakai krim pelembap buat menjaga kaki pecah. Oleskan pada segala bagian kaki Kamu, tercantum di sela- sela jari. Menjaga kulit pecah pula dapat dengan menghapus susunan kulit keras dengan lembut. Kamu dapat melaksanakan ini dengan batu apung ataupun file kaki.


  • Potong kuku kaki dengan hati- hati


Potong kuku kaki Kamu dengan pemotong kuku spesial jari. Gunting lurus melintang, jangan miring ataupun sangat dalam. Ini bisa menimbulkan kuku kaki berkembang ke dalam.


  • Belanja sepatu pada siang hari


Berbelanja sepatu pada siang hari lebih baik buat menghindari kulit pecah. Kaki Kamu hendak membesar bersamaan dengan berjalannya waktu serta keadaan kaki pada siang hari merupakan masa di mana kaki berdimensi sangat besar.

Panduan memilah alas kaki buat kaki pecah- pecah


Memilah alas kaki pula tidak kalah berarti buat menjaga kaki pecah. Berikut panduan yang bisa jadi bermanfaat buat Kamu:


  • Batasi pemakaian sepatu hak tinggi


Kenakan sepatu hak besar cuma pada peluang tertentu. Bila Kamu begitu mau menggunakan sepatu ini, cobalah buat membiasakan besar haknya. Menggunakan sepatu hak besar lebih dari 5 centimeter dalam aktivitas tiap hari dapat membuat kehancuran pada kaki Kamu.


  • Pakai sepatu cocok dengan kegiatan


Buat menjaga kaki pecah, senantiasa kenakan sepatu yang pas buat aktivitas Kamu. Jadi jangan sempat memakai sandal dengan sol tipis buat mendaki gunung.


  • Pakai alas kaki yang dimensi pas


Menggunakan sepatu dengan dimensi yang tidak cocok dengan kaki Kamu bisa menimbulkan gatal serta iritasi pada kulit Kamu. Tanpa perawatan, kulit kaki kering bisa menebal serta terbuka sampai menghasilkan kulit kaki pecah. Ini membuat kaki rentan terhadap peradangan.

Yakinkan kaus kaki Kamu cocok, dengan memerhatikan lebar kaki serta pergelangan kaki Kamu. Bila kaki Kamu hadapi neuropati, yakinkan tidak terdapat jahitan yang menonjol di dalam kaus kaki Kamu yang bisa menyikat serta mengganggu kulit Kamu.