5 Metode Menanggulangi Perih Akibat Spondilolistesis Secara Natural Sampai Medis

Spondilolistesis ialah kelainan tulang balik akibat bergesernya ruas tulang balik ke arah depan. Keadaan ini menimbulkan perih pada punggung dasar yang meningkat parah kala Kamu berdiri ataupun melaksanakan gerakan tertentu. Untungnya, terdapat beberapa metode yang bisa menolong Kamu menanggulangi perih akibat spondilolistesis.

Metode meredakan perih akibat spondilolistesis


Perih akibat spondilolistesis bisa diatasi dengan sebagian metode. Mulai dari berolahraga serta pengobatan raga guna menguatkan otot punggung sampai mengkonsumsi obat- obatan pereda perih. Tata cara yang pas butuh disesuaikan dengan keadaan Kamu. Berikut merupakan langkah simpel yang bisa Kamu jalani.


  • Kompres hangat serta/ ataupun dingin


Kompres hangat hendak membuat otot punggung jadi rileks dan melancarkan aliran darah, sebaliknya kompres dingin dapat meredakan perih sehabis beraktifitas. Kamu bisa memilah salah satu maupun keduanya cocok kebutuhan.

Cara Mengatasi Nyeri Akibat Spondilolistesis


Guna menanggulangi perih akibat spondilolistesis, lumayan rendam lap bersih dalam air hangat ataupun air dingin. Kamu pula dapat membuat kompres dengan membungkus es dalam lap tersebut. Tempelkan sepanjang tidak lebih dari 20 menit sampai supaya perih menurun.


  • Berolahraga


Berolahraga ringan bermanfaat buat melenturkan dan menguatkan otot punggung, perut, paha, serta pinggang. Metode ini bertujuan supaya otot- otot tersebut sanggup menopang bobot badan sehingga beban pada tulang balik Kamu bisa menurun.

Berolahraga buat pengidap spondilolistesis merupakan berolahraga ringan semacam berjalan kaki, bersepeda, serta renang style leluasa. Tidak hanya itu, Kamu juga dapat melaksanakan gerakan peregangan semacam mengangkut( mendekap) lutut sembari tiduran.


  • Pengobatan fisik


Pengobatan raga tidak cuma bertujuan buat meredakan perih akibat spondilolistesis, tetapi pula menanggulangi penyebabnya. Terapis hendak menolong Kamu menciptakan bagian otot yang kaku serta jadi sumber perih, kemudian membetulkan kondisinya.

Penderita biasanya butuh menempuh pengobatan raga sepanjang 6- 12 minggu di pusat rehabilitasi. Sepanjang tahap pengobatan, penderita hendak menempuh serangkaian latihan yang terdiri atas:

  1. Latihan aerobik ringan semacam berjalan kilat ataupun memakai sepeda statis.
  2. Latihan ketahanan otot meliputi lunge, squat, push- up, ataupun memakai perlengkapan.
  3. Gerakan berolahraga buat meredakan perih.
  4. Gerakan peregangan ringan.



  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Spondilolistesis dapat menimbulkan iritasi, bengkak, serta peradangan sehingga berolahraga saja terkadang tidak lumayan buat meredakan perih. Kamu bisa jadi butuh meminum obat- obatan nonsteroidal anti- inflammatory drugs( NSAID) guna kurangi perih serta peradangan.

Mengutip NYU Langone Hospital, obat NSAID yang digunakan buat menanggulangi perih spondilolistesis ialah ibuprofen, naproxen, serta aspirin. Walaupun bisa disantap tanpa formula, Kamu senantiasa butuh bertanya dengan dokter buat mendapatkan dosis yang pas.


  • Suntik kortikosteroid


Diketahui pula bagaikan injeksi epidural, suntik kortikosteroid dicoba dengan menyuntikkan obat antiradang langsung ke ruas tulang balik. Metode ini bermanfaat buat menanggulangi perih yang parah ataupun apabila pembedahan tidak sukses kurangi perih.

Prosedur suntik kortikosteroid biasanya berlangsung sepanjang 30 menit. Pertama- tama, penderita hendak diberikan bius lokal terlebih dahulu. Dokter setelah itu hendak menyuntikkan obat ke dalam tulang balik dengan panduan sinar- X. Prosedur ini dapat meredakan perih sepanjang seminggu sampai setahun, tergantung keadaan penderita.

Terdapat bermacam- macam metode yang bisa dicoba buat menanggulangi perih akibat spondilolistesis. Tetapi, butuh diingat kalau tiap pengidap mempunyai keadaan yang berbeda sehingga metode yang efisien untuk orang lain belum pasti jitu untuk Kamu. Bila perih tidak kunjung lenyap ataupun meningkat parah, segeralah bertanya dengan dokter. Pengecekan lebih lanjut hendak menolong Kamu mengidentifikasi sumber perih dan metode terbaik buat mengatasinya.