Apa Akibatnya Olahraga di Tengah Kabut Asap Australia?

Pertandingan tenis di turnamen Australia Terbuka hari Selasa( 14/ 1) terpaksa ditunda sebab kesehatan petenis tersendat oleh kabut asap kebakaran semak. Mengingat akibatnya yang besar untuk badan, buruknya mutu hawa akibat kabut asap memanglah butuh jadi pertimbangan bila Kamu hendak berolahraga di luar rumah.

Alih- alih membuat badan terasa sehat serta fit, olahraga di tengah kepungan kabut asap malah bisa membahayakan sistem respirasi. Ini pula yang terjalin pada Maria Sharapova serta beberapa petenis yang lain sehingga pertandingan dihentikan sedangkan.

Apa saja bahaya olahraga di tengah kabut asap?


Asap kebakaran semak memiliki jutaan partikel halus yang dapat merambah mata, hidung, kerongkongan, apalagi paru- paru. Begitu merambah paru- paru, partikel- partikel tersebut bisa menimbulkan iritasi sampai kehancuran pada sistem respirasi.

Laju respirasi bertambah pesat kala olahraga. Kamu pula hendak menarik nafas lebih dalam buat penuhi kebutuhan oksigen yang bertambah. Bila Kamu berolahraga di tengah kabut asap, hendak terdapat lebih banyak partikel beresiko yang merambah saluran respirasi.

Dampak Olahraga di Tengah Kabut Asap Australia


Pada keadaan hawa wajar, sistem respirasi sesungguhnya sanggup mensterilkan partikel beresiko yang berasal dari area dekat. Tetapi, mekanisme tersebut tidak lumayan buat mensterilkan partikel serta polutan yang berasal dari kabut asap.

Paparan asap secara selalu dapat menyebabkan sesak nafas, batuk, serta rasa tidak aman dikala bernapas. Kamu bisa jadi pula hendak hadapi sakit pada mata ataupun kerongkongan apabila keduanya terserang partikel asap.

Untuk mereka yang mengidap penyakit asma, emfisema, serta angina( perih dada akibat minimnya pasokan darah mengarah jantung), akibatnya pasti lebih besar lagi. Perihal yang sama juga dapat terjalin pada kanak- kanak, lanjut usia, bunda berbadan dua, serta kelompok rentan yang lain.

Kala mutu hawa betul- betul kurang baik akibat kabut asap, opsi terbaik untuk Kamu yang mau berolahraga merupakan melaksanakannya di dalam rumah. Bila rumah Kamu tidak bisa dijadikan tempat olahraga, jauh lebih nyaman buat tidak olahraga sama sekali.

Panduan nyaman olahraga dikala ada kabut asap


Mutu hawa di sebagian daerah pada biasanya lebih nyaman dibanding wilayah yang dekat dengan titik api. Kamu masih bisa olahraga di daerah ini, tetapi pastinya terdapat sebagian perihal yang butuh dicermati.

Dikutip dari Australian Fitness Academy, berikut panduan yang butuh Kamu terapkan buat olahraga nyaman di tengah kabut asap:


  • Memantau mutu udara


Mutu hawa merupakan perihal terutama yang dikenal apabila Kamu hendak berolahraga dikala ada kabut asap. Carilah data tersebut dari media lokal, web, ataupun sumber yang lain. Mutu hawa didetetapkan bersumber pada Air Quality Index( AQI).

Hawa dekat Kamu terkategori nyaman bila indeksnya berkisar antara 0- 33. AQI sebesar 67- 99 masih nyaman untuk mayoritas orang, tetapi tidak untuk Kamu yang mempunyai penyakit pada saluran respirasi. Jauhi kegiatan di luar rumah dikala AQI melebihi 100.


  • Memastikan durasi serta tipe olahraga


Tipe berolahraga ikut memastikan keamanan Kamu di luar rumah. Kala ada kabut asap, batasi waktu berolahraga supaya tidak melebihi 45 menit. Kamu boleh melaksanakan latihan kekuatan serta kardio, tetapi jauhi latihan yang lebih berat dari keduanya.

Penggemar jalur kaki, bersepeda, serta jogging pula dianjurkan buat menghalangi durasinya supaya tidak lebih dari 45 menit. Untuk orang yang mengidap asma, terdapat baiknya buat tidak olahraga di luar rumah sama sekali.


  • Tidak memaksakan diri


Olahraga dikala ada kabut asap sangat berisiko. Hingga dari itu, jangan paksakan diri Kamu serta area kala kondisinya tidak membolehkan. Lekas memeriksakan diri ke dokter bila Kamu hadapi indikasi kendala respirasi maupun keluhan yang lain.

Berolahraga memanglah menyehatkan, namun melaksanakannya dikala ada kabut asap malah beresiko untuk kesehatan. Senantiasa yakinkan Kamu terletak dalam area yang nyaman supaya kabut asap yang menyerang tidak kurangi khasiat olahraga.